Twitter
CALIFORNIA - Tumbuh suburnya perangkat
smartphone secara langsung membuat banyak orang menggunakan perangkat
mobile untuk
mengakses situs jejaring sosial seperti Twitter. Nah, gejala ini pun
turut mendorong pendapatan layanan 140 karakter itu untuk terus tumbuh.
Kicauan
(tweet) bukan hanya berisi informasi atau unek-unek pengguna, akan
tetapi berkembang menjadi peluang bagi Twitter untuk melancarkan iklan.
Meski
belum mengantongi angka yang cukup besar pada 2011, namun perusahaan
diharapkan akan meraup uang dari iklan lebih banyak, atau iklan
mobile diperkirakan mencapai 53 persen dari seluruh pendapat iklan. Demikian dilansi dari
CNET, Kamis (28/3/2013).
Perusahaan
riset pasar, eMarkerter memprediksi bahwa Twitter akan memanen USD582.8
untuk pendapatan iklan tahun ini, dimana USD308 juta berasal dari
mobile. Untuk tahun 2014 dan 2015, pendapatan dari
mobile diperkirakan
meningkat mendekati 60 persen, dengan total pendapatan mencapai USD950
juta pada 2014, dan USD1,33 miliar atau sekira Rp12,9 triliun lebih pada
2015.
Sebagai perbandingan, pada 2012 Twitter hanya meraup keuntungan 138,4 juta dari iklan mobile.