Facebook (Foto: Reuters)
CALIFORNIA - Facebook selama ini banyak menyuguhkan
game-game
kasual seperti Bubble Safari, namun perusahaan itu ingin melakukan
perombakan untuk tahun ini. Raksasa jejaring sosial itu berharap 2013
akan menjadi tahun yang lebih mendalam dengan strategi
game-nya.
Dilansir dari
PC Advisor, Rabu (27/3/2013), Facebook ingin menyuguhkan
game untuk
gamer “serius” seperti yang bisa mereka mainkan di PC dan konsol. "Saat ini, Facebook menawarkan
game-
game casual, tapi ketika Anda melihat pasar yang tersisa, sebagian besar merupakan
core (
mid-
core)
gamer. Di situlah kami melihat peluang," tutur Direktur Kemitraan Game Facebook Sean Ryan.
"Kami akan memperluas bisnis
game Facebook dan melampaui yang kami lakukan pada
desktop dan
mobile untuk memastikan bahwa kami memiliki
game untuk semua orang," lanjutnya.
Facebook meluncurkan
platform game pada 2007, serta selama bertahun-tahun terus bereksperimen dengan strategi promosi
game baru dan perombakan desain situs. "Kami pikir, saat ini telah mencapai keseimbangan karena bisa memiliki
platform yang stabil di
desktop dan
mobile, sehingga
developer bisa yakin bahwa kami berkomitmen untuk menumbuhkan ekosistem
game," jelas Ryan.
Antusiasme pengguna Facebook yang bermain
game di layanannya juga cukup tinggi. Dari sekira satu miliar pengguna aktif bulanan, 250 juta diantaranya bermain
game pada
platform tersebut.
Meski Facebook memberikan kemudahan pada pengguna untuk menikmati game,
tapi bukan berarti game akan menjadi pilar utama layananan tersebut. "
Game
tidak pernah menjadi pilar utama Facebook, tidak seperti News Feed,
Timeline, dan pencarian,” ungkap Manager produk Facebook George Lee.
“Dan satu hal yang belum kita lakukan dengan baik dalam sejarah
game
di Facebook, adalah benar-benar mendefinisikan cara untuk memastikan
semuanya menjadi pengalaman dari semua pilar dan itu yang kami
investasikan ke depannya," pungkas Lee.